Pidato Pembukaan Konferensi DPC PDIP Kukar

WAKIL BUPATI KUTAI KARTANEGARA

Bismillahirrohmanirohim
Yang saya hormati :
– Saudara Pengurus Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrasi Perjuangan Propinsi Kalimantan Timur

– Pengurus Dewan Pimpinan Cabang PDI-P Kabupaten Kutai Kartanegara

– Para Pengurus Anak Cabang dan Ranting PDI-P Se-Kabupaten Kutai Kartanegara

– Para peserta KONFERCAB PDIP Kabupaten Kutai Kartanegara Yang Berbahagia, serta ;

– Para Undangan Yang Berbahagia

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena atas ijin dan rahmat-Nya maka pada hari ini kita masih berkumpul dalam rangka Pelaksanaan Konferensi Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Konfercab PDI-P).

Peserta KONFERCAB, hadirin dan Undangan yang berbahagia.

Pelaksanaan konferensi cabang seperti pada hari ini merupakan salah satu bentuk dari wujud demokrasi didalam internal partai. Melalui konferensi akan dicapai konsensus-konsesus di dalam internal partai, kebijakan-kebijakan strategis partai, dan langkah-langkah kebijakan lainnya.
Partai politik merupakan sebuah sruktur politik mempunyai fungsi dan peran yang besar dalam perjalanan bangsa dan daerah ini. Sebagai sebuah struktur maka partai politik mempunyai beberapa fungsi yang diemban seperti ; melakukan pendidikan politik (Politik Education), mempertemukan kepentingan ( Interest Articulation), melakukan agregasi kepentingan (Intersest Agregation), seleksi kepemimpinan (Political Selection) dan Komunikasi Politik (Political Comunication).
Pendidikan politik adalah adalah merupakan upaya untuk meningkatkan pengetahuan politik masyarakat sehingga dapat berpartisipasi secara maksimal dalam sisten politik di Negara dan daerah kita, yang pada saat ini menganut paham kedaulatan rakyat atau demokrasi. Proses pendidikan politik harus dilaksanakan secara merata terhadap seluruh lapisan masyarakat baik secara vertical maupun secara horizontal. Sehingga diharapkan pengetahuan politik bukan lagi menjadi monopoli segelintir orang saja.
Mempertemukan kepentingan (interest articulation) merupakan upaya untuk mempertemukan berbagai macama pandangan, pendapat dan kepentingan yang beraneka ragam dan secara nyata ada didalam masyarakat. Perbedaan pendapat dan kepentingan dapat menjelma menjadi kompetisi, ketegangan, persaingan dan konflik. Oleh karena itu partai politik harus dapat mengakomodir dan atau melakukan adaptasi sehingga perbedaan cara pandang dan kepentingan tadi dapat menjelma menjadi sebuah kerja sama yang harmonis.
Setelah perbedaan pendapat dan kepentingan tadi dapat di akomodir maka partai politik mempunyai kewajiban untuk menyalurkan segala hasrat dan aspirasi masyarakat ( Interest agregation) untuk dijadikan perhatian dan menjadi keputusan politik oleh pemerintah yang sedang mendapat mandate atau otoritas.
Salah satu fungsi yang lain adalah melakukan seleksi kepemimpinan (Political Selection) baik pimpinan internal partai itu sendiri ataupun pimpinan politik pemerintahan baik di pusat maupun didaerah. Proses seleksi calon kepemimpinan baik internal partai maupun pimpinan pemerintahan harus dilakukan secara terencana dan teratur sesuai dengan kaidah norma hokum dan peraturan yang berlaku. Melalui proses ini diharapkan akan muncul pimpinan terpilih baik internal partai maupun pimpinan pemerintahan, seseorang yang mempunyai kapabilitas dan mendapat dukungan yang kuat dari basis masa atau masyarakat.
Sedangkan fungsi yang terakhir adalah komunikasi politik (Politik Comunication) guna menghubungkan pemikiran politik yang ada di masyarakat dengan pemerintah atau pemerintah daerah. Melalui komunikasi politik maka pikiran-pikiran politik yang berkembang di masyarakat dapat dipahami dan diketahui oleh pemerintah/ pemerintah daerah. Demikian pula sebaliknya.
Gambaran fungsi partai politik diatas merupakan gambaran sederhana untuk melihat keberhasilan suatu partai dalam menjalankan fungsinya.

Peserta KONFERCAB, hadirin dan Undangan yang berbahagia.
Tantangan terberat dewasa ini adalah bagaimana mensinkronkan pelaksanaan fungsi politik tadi dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara seperti yang tercantum dalam Grand Strategy Gerbang Dayaku Tahap II yaitu menciptakan pemerintahan kabupaten yang baik dan bersih berlandaskan azas keadilan, kesetaraan, keragaman dan demokrasi menuju terbentuknya masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri dan sejahtera.
Dari visi diatas tersirat makna bahwa Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Kutai Kartanegara guna secara bersama-sama termasuk partai politik untuk mewujudkan masyarakat masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara yang berkualitas, maju, mandiri dan sejahter dalam suasana keragaman yang demokratis.
Untuk mencapai visi diatas Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara menetapkan tiga Misi yaitu : Pemberdayaan pemerintah daerah (eksekutif dan legislative) dan penegakan hokum; pemberdayaan seluruh komponen ekonomi dan pemeberdayaan masyarakat menuju kemandirian social dan kemandirian ekonomi.
Upaya pencapaian visi dan misi diatas diperlukan sinergi dan kebersamaan dari seluruh stake holder yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, mengeyampingkan hasrat kelompok dan kepentingan, membobol sekat-sekat yang mengkotakan antar kelompok, membuang jauh ambisi pribadi serta harus bisa merapatkan barisan diantara sesama pemangku kepentingan (Stake Holder).
Melalui kesempatan ini saya atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengajak seluruh elemen Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) untuk secara bersama-sama dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dan Stake Holder lainnya, mewujudkan masyarakat Kutai Kartanegara yang berkualitas, maju, mandiri dan sejahtera.

Peserta KONFERCAB, hadirin dan Undangan yang berbahagia.
Sebelum mengakhiri sambutan ini saya ingin menyampaikan cuplikan kata-kata seorang politikus ulung yang menyatakan bahwa : Baik atau buruk adalah daerah ku dan sebuah semboyan yang menyatakan bahwa Jangan kau Tanya apa yang telah diberikan oleh Negara dan daerah ini kepadamu, tetapi tanyakan apa yang telah engkau berikan terhadap Negara dan daerah ini.
Akhirnya dengan mengucapkan alhamdulilah rabbil alamin sambutan kami cukupkan sampai sekian, semoga kita semua mendapat limpahan rahmat dan selalu dibukakan pintu hati dan keimanan oleh Allah Sang Penguasa Semesta.
Billahi Taufiq walhidaya, wal ridho wal inayah
Sumasalamu alaikum wr. Wb.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara

Drs. H. Samsuri Aspar, MM.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: