Pidato Pelantikan Di Liang Ilir

26 03 2009

BUPATI KUTAI KARTANEGARA

Bismillahirrohmanirohim,
Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati :
– Para Kepala Dinas/Instansi dilingkungan Pemkab Kutai Kartanegara
– Para Kepala Bagian Dilingkungan Setkab Kutai Kartanegara
– Para Camat beserta unsur Muspika Kecamatan Kota Bangun, Muara Kaman dan Sebulu
– Para Kepala Desa dan Pengurus BPD Yang Hadir saat ini
– Saudara Ketua BPD liang Ilir dan anggota
– Sdr Kepala Desa Terpilih yang pada hari ini dilantik dan diambil Sumpah.
– Para tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh wanita dan para pemuka masyarakat lainnya
– Hadirin, Undangan yang berbahagia.

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena atas ijin dan rahmat-Nya maka pada hari ini kita masih berkumpul dalam rangka “Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Kepala Desa Liang Ilir Kecamatan Kota Bangun sekaligus dirangkai dengan Pelantikan Anggota BPD Desa Liang Ulu Kecamatan Kota Bangun, Pergantian Antar Waktu Anggota BPD Desa Sebulu Modern dan Desa Giri Agung Kecamatan Sebulu serta Desa Muara Kaman Ilir Kecamatan Muara Kaman ”
Hadirin, Undangan Yang Berbahagia
Kepala desa yang dilantik pada hari ini merupakan putra terbaik desa Liang Ilir yang dipilih oleh masyarakat secara langsung dari para calon yang ikut berkompetisi dalam pemilihan kepala desa.
Pemilihan kepala desa sebagai sebuah proses demokrasi memerlukan kesiapan dan kedewasaan semua pihak. Sebagai sebuah proses maka hampir dapat dipastikan hanya satu orang yang terpilih dari para calon yang ada. Para calon yang belum terpilih oleh masyarakat bukan berarti tidak mempunyai kemampuan, tetapi masyarakat lebih menghendaki kepala desa terpilih untuk memimpin desa “Liang Ilir” enam tahun kedepan.
Bagi Penjabat Kepala Desa yang menjalankan tugas pemerintahan sampai terpilihnya Kepala Desa yang dilantik hari ini, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas segala pengabdian selama ini. Semoga seluruh amal bhakti Saudara tercatat sebagai amal ibadah oleh Allah Swt.
Kepada para calon kepala desa yang belum terpilih jangan berkecil hati, masih terbuka lebar kesempatan bagi saudara untuk mengabdikan diri bagi pembangunan desa ini. Dalam kesempatan ini kami menghimbau saudara bersama pendukung guna menyatukan tekad dan karya, bersama dengan kades terpilih dalam melaksanakan pembangunan di desa Liang Ilir.
Kepada kepala desa terpilih yang pada hari ini dilantik dan diambil sumpah, moment hari ini tidak perlu disikapi secara berlebihan. Pelantikan dan pengambilan sumpah hari ini harus dipandang sebagai pengukuhan amanah masyarakat yang dibebankan pada pundak saudara. Sebagai sebuah amanah maka kepercayaan yang diberikan kepada saudara harus dapat dipegang teguh. Kepercayaan yang diberikan harus dapat dibuktikan dengan sebuah karya nyata berupa kemajuan dan keberhasilan pembangunan.
Dalam proses pemilihan kepala desa tentu terdapat pengelompokan dan perbedaan pendapat. Pada hari ini kami mengajak kepada semua komponen yang ada di desa Liang Ilir untuk bisa menyatukan langkah dan pemikiran. Perbedaan adalah Fitrah manusia tetapi kita harus tetap bersatu.
Hadirin, Undangan Yang Berbahagia
Desa atau yang disebut dengan nama lain merupakan kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Sebagai kesatuan masyarakat hukum maka desa mempunyai otonomi dalam menyelenggarakan kewenangannya. Dalam undang-undang nomor 32 tahun 2004 dan peraturan pelaksanaannya dinyatakan bahwa desa Dalam menyelenggarakan urusan rumah tangga desa, memiliki kewenangan antara lain :
– Menyelenggarakan urusan pemerintahan yang sudah ada berdasarkan hak asal usul desa
– Menyelenggarakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan kabupaten/kota yang diserahkan pengaturannya kepada desa, yakni urusan pemerintahan yang secara langsung dapat meningkatkan pelayanan masyarakat.
– Tugas pembantuan dari Pemerintah, Pemerintah Provinsi, dan Pemerintah Kabupaten/Kota
– Urusan pemerintahan lainnya yang diserahkan kepada desa
Dalam rangka menyelenggarakan kewenangan desa dimaksud maka dibutuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni, yang memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya.
Hadirin, Undangan Yang Berbahagia
Desa memiliki pemerintahan sendiri dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Pemerintahan Desa terdiri atas Kepala Desa beserta perangkat dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).
Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan lembaga perwujudan demokrasi dalam penyelenggaraan pemerintahan desa. Anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah. BPD bersama dengan kepala desa berfungsi menetapkan Peraturan Desa dan berupaya menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat.
Dengan demikian maka pemerintahan desa dituntut untuk mampu menumbuhkembangkan partisipasi dan peranserta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan.
Selain itu Pemerintahan Desa juga dituntut untuk mampu memberikan Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa. Hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat desa.
Kepala desa dan BPD merupakan mitra kerja dalam penyelenggaraan pemerintahan di desa. Sebagai mitra kerja hendaknya antara BPD dan Kepala Desa mampu bekerja sama dengan sebaik-baiknya dalam hal menetapkan arah kebijakan pembangunan Desa dan secara bersama-sama mampu merencanakan program-program prioritas pembangunan. Sehingga pembangunan yang dilaksanakan di desa dapat memenuhi harapan dan kebutuhan masyarakat secara keseluruhan, menghindari program-program pembangunan di desa yang hanya didasarkan pada keinginan sekelompok orang semata, serta adanya sinkronisasi kegiatan.
Hadirin, Undangan Yang Berbahagia
Dalam kesempatan ini, kami atas nama Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memberi penekanan untuk menjadi perhatian saudara atas hal-hal sebagai berikut :
Pertama, bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas saudara berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
Kedua, sebagai unsur pemerintahan desa, Kepala Desa dan BPD merupakan mitra. Untuk itu Saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa.
Ketiga, Dalam rangka pelaksanaan Kebijakan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Alokasi Dana Desa (ADD), agar saudara kepala desa dan BPD dapat mengikuti dan menjalankan seluruh prosedur serta mekanisme pengelolaan keuangan ADD. Sehingga pelaksanaannya dapat lebih efektif, transparan dalam penggunaan keuangan, serta pengelolaannya dapat dipertanggung jawabkan secara baik dan benar sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.
Keempat, agar kiranya Saudara menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam kerangka grand strategy pembangunan daerah “Gerbang Dayaku Tahap Kedua”.

Hadirin yang berbahagia
Kami ucapkan ”selamat bekerja”, semoga seluruh perbuatan kita dicatat sebagai amal ibadah dan mendapatkan berkah serta kita semua selalu mendapat petunjuk dan perlindungan dari Allah Swt.
Billahi Taufiq walhidayah, Wal ridho wal inayah
Sumasalamu alaikum wr. Wb.
Plt. Bupati Kutai Kartanegara

DRS. H. SAMSURI ASPAR, MM.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: