Pidato Dalam Penyerahan PAM Pemilu

26 03 2009

BUPATI KUTAI KARTANEGARA

Bismillahirrohmanirohim,
Yang saya hormati :
– Para Unsur Muspida di Lingkungan Pemkab Kukar
– Saudara Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara
– Para Asisten dan Kepala Bagian Dilingkungan Setkab Kutai Kartanegara
– Para Kepala Dinas/Instansi dilingkungan Pemkab Kutai Kartanegara
– Peserta Apel BKO Satuan Linmas/Hansip PAM Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Timur
– Para tim sukses, Para tokoh masyarakat dan tokoh pemuda yang hadir pada kesempatan ini,
– Para Undangan sekalian yang berbahagia.

Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena atas ijin dan rahmat-Nya maka pada hari ini kita masih berkumpul dalam rangka “Upacara Serah Terima Bawah Kendali Operasi (BKO) Hansip/Linmas Pengamanan Pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2008.

Peserta Upacara, undangan, hadirin yang berbahagia.
Salah satu tujuan penting otonomi daerah adalah meningkatkan peran serta masyarakat demi tercapainya kesejahteraan masyarakat di daerah. Pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur merupakan salah satu wahana untuk memberikan peran serta kepada masyarakat dalam kehidupan demokrasi di daerah (Democration in local Government).
Pemberlakuan Undang-Undang nomor 32 tahun 2004, dimana didalamnya terdapat pasal yang mengatur tentang pemilihan kepala daerah dan wakil kepala daerah secara langsung merupakan bukti keseriusan pemerintah pusat dalam memberi ruang bagi peran serta masyarakat dalam kehidupan demokrasi di daerah.
Mendorong partisipasi masyarakat merupakan salah satu bagian dari usaha membangun pengelolaan kekuasaan di daerah yang partisipatoris karena pemerintah daerah pada dasarnya tidak dapat mengetahui secara rinci dan menyeluruh apa yang menjadi kepentingan dan kebutuhan publik jika tanpa masukan yang berarti dari masyarakat itu sendiri.
Sehingga dengan demikian pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Timur tahun 2008 merupakan pelaksanaan desentralisasi politik sebagai sarana partisipasi masyarakat secara riil sekaligus sebagai bentuk pertanggung jawaban masyarakat kepada kemajuan daerahnya dalam konteks demokrasi di tingkat lokal.
Peserta Upacara, Undangan, hadirin yang berbahagia.
Pelaksanaan Pemilihan langsung Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur sebagai bentuk dari pelaksanaan demokrasi di Propinsi Kalimantan Timur merupakan wujud dari proses demokrasi di tingkat lokal yang harus dikelola dengan baik proses pelaksanaannya, agar dapat terpilih gubernur dan wakil gubernur yang sesuai dengan keinginan masyarakat daerah ini. Kita semua berharap agar pelaksanaannya nanti dapat dilangsungkan secara langsung, umum, bebas, rahasia, Jujur dan adil (Luber dan Jurdil) serta tertib, aman dan terkendali.
Seluruh stake holder dan komponen yang ada di daerah ini hendaknya secara bersama-sama saling bahu-membahu mendukung sukses penyelenggaraan, keamanan dan ketertiban pelaksanaan pesta demokrasi tersebut.
Peserta Upacara, hadirin yang berbahagia.
Hansip dan Linmas merupakan salah satu dari komponen daerah ini yang ditugaskan selain sebagai pengorganisasi masyarakat di dalam bela negara juga diamanatkan untuk mendukung kesuksesan, keamanan dan ketertiban pelaksanaan pemilihan gubernur-wakil gubernur tersebut. Hal ini sesuai dengan Undang-Undang nomor 22 tahun 2007 tentang penyelenggaraan pemilu, yang mengamanatkan bahwa “ yang membantu aparat keamanan di dalam pelaksanaan keamanan di TPS adalah dua orang anggota KPPS yang direkrut dari lingkungan TPS setempat”. Amanat undang-undang diatas sejalan dengan Surat Komisi Pemilihan Umum nomor : 22/15/1/2008 tanggal 16 Januari 2008 perihal keanggotaan KPPS dari unsur Satuan LINMAS.
Sebagai bentuk pelaksanaan undang-undang di atas maka pada hari ini Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara akan melakukan serah terima anggota satuan HANSIP/LINMAS sejumlah 3.801 orang guna di bawah kendali operasi (BKO) kepada Polres Kukar sebagai unsur pendukung PAM PILKADA Gubernur-Wakil Gubernur Propinsi Kalimantan Timur Tahun 2008.
Selama masa BKO tersebut diharapkan kepada seluruh anggota HANSIP/LINMAS untuk selalu mematuhi perintah dan arahan yang diberikan oleh jajaran Polres Kukar. Disamping itu kami juga berharap agar para anggota HANSIP/LINMAS dibekali dengan tambahan ketrampilan dan pengetahuan khususnya dalam ilmu bela negara sebagai bekal dalam upaya bela negara dan pengorganisasian masyarakat dilingkungannya kelak.
Peserta Upacara, undangan, hadirin yang berbahagia.
Secara fungsional pengamanan pelaksanaan PILKADA Gubernur-Wakil Gubernur Kaltim Tahun 2008 berada di tangan satuan PAM PILKADA Gubernur-Wakil Gubernur, tetapi partisipasi dan peran serta seluruh komponen masyarakat terutama peserta PILKADA dan tim suksesnya di daerah ini sangat diharapkan sehingga kondisi keamanan daerah kita dari sebelum pemilihan, saat pemilihan maupun pasca pemilihan tetap aman dan terkendali.
Kepada seluruh komponen masyarakat kami menghimbau, Pilihan boleh berbeda, Aspirasi boleh berbeda tetapi kita harus tetap bersatu untuk kemajuan daerah kita. Mari kita menyikapi perbedaan sebagai suatu rakhmat dalam mewarnai demokrasi di daerah kita bagi kemajuan dan kejayaan Propinsi Kalimantan Timur Khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara.

Peserta Upacara, undangan, hadirin yang berbahagia.
Semoga kita semua selalu dalam lindungan dan bimbingan Allah SWT, dalam mensukseskan pelaksanaan PILKADA Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur Tahun 2008
Billahi Taufiq walhidayah,
wal ridho wal inayah
Sumasalamu alaikum wr. Wb.

Plt. Bupati Kutai Kartanegara

Drs. H. Samsuri Aspar, MM.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: