Pidato Dalam Penyerahan Comdev

26 03 2009

WAKIL BUPATI KUTAI KARTANEGARA

Bismillahirrohmanirohim,
Yang saya hormati :
– Saudara Ketua DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara,
– Para Unsur MUSPIDA Kabupaten Kutai Kartanegara atau yang mewakili,
– Para Ketua Fraksi, Ketua Komisi serta anggota DPRD Kabupaten Kutai Kartanegara,
– Para Kepala Dinas/Instansi dilingkungan Pemkab Kutai Kartanegara,
– Para tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan para pemerhati pertambangan yang hadir pada kesempatan ini, serta :
– Para Undangan sekalian yang berbahagia.
Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena atas ijin dan rahmat-Nya maka pada hari ini kita masih berkumpul dalam rangka Workshop Community Development dengan mengambil tema yaitu “Community Development Mensejahterakan Rakyat Kutai Kartanegara”

Peserta Workshop dan hadirin yang berbahagia.
Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan Kabupaten yang diberi limpahan rahmat oleh Allah SWT dengan kekayaan alam yang berlimpah baik berupa migas, tambang, dan kekayaan alam lainnya. Hal ini mengundang banyak pihak dan para investor untuk melakukan investasi guna mengelola dan memanfaatkan sumber daya alam tersebut.
Mengalirnya investasi secara besar-besaran terutama semenjak diberlakukannya otonomi daerah memberi nilai positif berupa peningkatan Pendapatan Asli Daerah terutama dari sektor MIGAS dan Pertambangan batu bara, membuka peluang kerja serta menjadi pemicu yang mendorong berkembangnya wilayah di Kabupaten Kutai Kartanegara, sisi lain juga menyebabkan terjadinya perubahan kondisi lingkungan alam dan lingkungan sosial masyarakat.

Yang menjadi persoalan mendasar adalah bagaimana menata hubungan para stake holder yaitu masyarakat, pemerintah dan dunia usaha sehingga upaya eksploitasi sumber daya alam dan investasi yang terjadi saat ini dapat berjalan secara baik, aman dan kondusif serta dapat memberikan kemakmuran yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara.
Peserta Workshop dan hadirin yang berbahagia.
Gagasan Pemerhati Tambang Indonesia (PERTAMI) untuk melakukan work shop seperti pada hari ini merupakan hal yang sangat baik terutama dalam rangka menggali pemikiran-pemikiran guna merancang kebijakan dan strategi harmonisasi para stake holder dunia usaha yaitu masyarakat, pengusaha dan pemerintah daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Secara makro guna menciptakan harmonisasi antara dunia usaha dan lingkungan sosial masyarakat, pemerintah telah mendorong pelaksanaan Coorporate Social Responsibility (CSR) yaitu kepedulian sosial para pelaku usaha dimana didalamnya termasuk program community development atau pemberdayaan masyarakat sekitar.
Selama ini berkembang pemikiran bahwa program CSR dan COMDEV bersifat wajib bagi perusahaan tetapi kalau disimak dari sisi aturan ternyata program CSR/COMDEV sifatnya hanya suatu komitmen moral sebagai bentuk tanggung jawab moral dunia usaha terhadap lingkungan sosial masyarakat sekitar. Oleh karena itu dari sisi regulasi pemerintah daerah tidak mempunyai landasan yang kuat untuk memaksa pelaku usaha dalam pelaksanaan Program COMDEV.

Disisi lain implementasi dari CSR atau COMDEV masih terkesan tidak transparan, kurang tepat sasaran, dan bahkan bisa terjadi overlapping antara program comdev dan program pemerintah daerah. Hal ini bila dibiarkan akan menimbulkan gejolak sosial dan perasaan tidak adil dari masyarakat sekitar sehingga dapat menghambat dunia usaha itu sendiri.
Peserta Workshop dan hadirin yang berbahagia.
Berangkat dari kondisi pelaksanaan COMDEV seperti diatas maka diperlukan konsensus bersama antara pelaku usaha di Kabupaten Kutai Kartanegara dan pemerintah daerah guna melakukan pengaturan terutama dari sisi manajemen COMDEV. Sehingga dalam implementasinya dapat lebih terukur, terarah, transparan dan akuntabel. Konsensus ini diperlukan agar produk hukum berupa perda yang dihasilkan tidak mendapat resistensi dan merugikan dunia investasi, disisi lain juga memberi arah yang lebih jelas bagi pengembangan masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara yang dijembatani oleh kalangan dunia usaha.
Peserta Workshop dan hadirin yang berbahagia.
Saya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas seluruh upaya dan kerja keras yang dilaksanakan sehingga Workshop pada hari ini dapat terselenggara dengan baik.
Harapan kami semoga pokok-pokok pemikiran yang dihasilkan dalam kegiatan ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara dalam pengambilan keijakan pelaksanaan Community Development dan pengembangan masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara. Hal ini searah dengan Visi Program GERBANG DAYAKU yang telah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara yaitu menciptakan pemerintahan kabupaten yang baik dan bersih berlandaskan azas keadilan, kesetaraan, keragaman dan demokrasi menuju terbentuknya masyarakat yang berkualitas, maju, mandiri dan sejahtera.

Peserta Workshop dan hadirin yang berbahagia.
Dengan mengucap Bismillahirohmannirrohim, acara Worshop Community Development pada hari ini Sabtu tanggal 4 Agustus 2007 secara resmi saya nyatakan dibuka.
Demikian sambutan kami pada hari ini, semoga hati, pemikiran dan langkah kita senantiasa selalu disatukan menuju Kabupaten Kutai Kartanegara yang mandiri dan sejahtera serta kita semua selalu mendapat limpahan rahmat dan inayah dari Allah Sang Penguasa Semesta,
Billahi Taufiq walhidaya, wal ridho wal inayah
Sumasalamu alaikum wr. Wb.
Wakil Bupati Kutai Kartanegara

Drs. H. Samsuri Aspar, MM.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: