Pidato Dalam Mutasi Ke Dua

26 03 2009

BUPATI KUTAI KARTANEGARA
Bismillahirrohmanirohim,
Assalamualaikum Wr. Wb.
Yang saya hormati :
– Para Unsur Muspida di Lingkungan Pemkab Kukar
– Saudara Ketua DPRD Kutai Kartanegara besera anggota
– Saudara Sekretaris Daerah Kabupaten Kutai Kartanegara
– Para Pejabat di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara
– Saudara-Saudara yang hari ini dilantik dan diambil Sumpah.
– Hadirin, Undangan yang berbahagia.
Puji Syukur kita panjatkan kehadirat Illahi Robbi, karena atas ijin dan rahmat-Nya maka pada hari ini kita masih berkumpul dalam rangka “Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Para Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara”
Hadirin, Undangan Yang Berbahagia
Mutasi dan rotasi kali ini dimaksudkan untuk mengisi formasi dan atau pengukuhan pejabat yang menempati struktur organisasi sebagai akibat dari restrukturisasi organisasi perangkat daerah di Kabupaten Kutai Kartanegara..
Pemberlakuan Peraturan Pemerintah nomor 38 tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah Nomor 41 Tahun 2007 menuntut dilakukannya penetapan urusan yang menjadi kewenangan daerah, penataan kelembagaan penyelenggaraan pemerintahan di daerah dan penataan personil.
Dasar pemikiran reorganisasi perangkat daerah adalah adanya urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah, yang terdiri dari urusan wajib dan urusan pilihan. Dengan demikian maka daerah dituntut untuk melakukan restrukturisasi organisasi perangkat daerah dan penataan personil. Hal ini dilakukan disamping sebagai pelaksanaan amanat Peraturan juga sebagai upaya untuk menata organisasi perangkat daerah agar lebih efektif dan efisien dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan di daerah dan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat
Dengan adanya restrukturisasi organisasi tersebut menyebabkan terjadinya perampingan struktur organisasi perangkat daerah berupa penggabungan beberapa SKPD dan atau penambahan SKPD baru sehingga menyebabkannya berkurangnya jumlah jabatan struktural, berubahnya eselonering pada dinas dan badan, sehingga perlu dilakukan penataan ulang personil yang menduduki jabatan struktural.
Hadirin, Undangan Yang Berbahagia
Penataan personil merupakan pekerjaan yang paling berat yang harus dilewati. Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara melalui Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat) berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan seleksi atas personil yang menempati jabatan struktural sehingga personil yang terpilih dan dilantik memenuhi syarat umum kepegawaian, mempunyai integritas, kapabel, mempunyai dedikasi dan kinerja yang tinggi, serta ditempatkan sesuai dengan kompetensi yang dimiliki.
Kepada para pejabat yang baru dilantik, kami ucapkan selamat. Jabatan yang diberikan kepada saudara adalah amanah yang harus diemban dengan sepenuh hati. Amanah yang diberikan kepada saudara bukan hanya sekedar kepercayaan tetapi harus dimaknai juga sebagai sebuah tanggung jawab untuk menciptakan ”Kepemerintahan Yang Baik” dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Laksanakan tugas dan tanggung jawab saudara dengan penuh keikhlasan. Saudara ditantang untuk dapat menunjukan etos kerja dan prestasi Kerja guna membawa perubahan sistem penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kutai Kartanegara agar menjadi lebih baik.
Hadirin, Undangan Yang Berbahagia
Pemberlakuan undang-undang nomor 32 Tahun 2004 menuntut pemerintahan di daerah untuk mampu menata managemen sistem penyelenggaraan pemerintahan di daerah. Daerah dituntut untuk mampu menciptakan sistem penyelenggaraan pemerintahan daerah yang efektif dan efisisen sehingga mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat.
Tantangan terberat dalam penyelenggaraan pemerintahan di daerah saat ini adalah bagaimana merumuskan aturan main baik dalam bentuk Peraturan Daerah atau aturan yang lain yang tidak bertentangan dengan peraturan yang lebih tinggi, tidak multi tafsir dan memihak kepada kepentingan masyarakat, bagaimana menata lembaga dan kelembagaan yang ada di daerah saat ini sehingga organisasi pemerintahan di daerah menjelma menjadi organisasi yang efektif dan efisien dalam pencapaian tujuan daerah, serta bagaimana meningkatkan motivasi, kapabilitas, dedikasi dan integritas aparatur penyelenggaran pemerintahan di daerah. Sehingga manajemen penyelenggaraan pemerintahan di daerah khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara dapat lebih efektif dan efisien dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Melalui kesempatan ini kami mengajak kepada seluruh Stake Holder di Kabupaten Kutai Kartanegara termasuk saudara-saudara yang hari ini di lantik untuk secara bersama-sama dan saling bahu-membahu menghadapi tantangan kedepan dan bersatu padu dalam melaksanakan pekerjaan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.
Mari kita ciptakan kebersamaan serta menjaga situasi dan kondisi yang kondusif di Kutai Kartanegara. Pembangunan di Kutai Kartanegara akan berhasil dengan baik bila kita bisa menciptakan Kebersamaan, kekompakan dan bersatu.
Para Pejabat Yang Baru Dilantik, Hadirin Yang Berbahagia
Pada kesempatan ini kami minta perhatian seluruh pegawai negeri sipil yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara termaksud saudara-saudara yang baru dilantik hari ini.
1. Sejarah panjang penyelenggaraan pemerintahan di Kabupaten Kutai Kartanegara memberikan banyak pengalaman yang sangat berharga kepada kita semua. Mari kita ambil hikmah dari sejarah panjang tersebut. Saat ini sudah menjadi keharusan bagi seluruh aparatur penyelenggara negara untuk bekerja sesuai dengan kaidah aturan dan mempunyai standard operasional prosedur. Sehingga menjadi wajib bagi kita semua didalam bekerja untuk selalu mempedomani kaidah aturan perundang-undangan dan menciptakan standar operasional prosedur sebagai mekanisme kerja.
2. Kedepan seluruh pegawai negeri sipil baik unsur staf maupun yang duduk dalam jabatan struktural harus mampu menjelma menjadi birokrat yang profesional. Dalam melaksanakan pekerjaan harus dilaksanakan secara terkoordinasi, integral dan komprehensif, serta menghilangkan pemikiran yang bersifat ego sektoral dan parsial. Oleh sebab itu dalam melaksanakan pekerjaan seluruh SKPD harus menjelma sebagai sebuah sistem sedangkan SKPD berperan sebagai sub sistem yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan daerah.
3. Pegawai negeri sipil harus mampu mengembangkan diri untuk menjadi aparatur yang profesional, sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Seluruh Pegawai Negeri sipil dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat bukan bertindak sebagai alat kekuasaan, bersifat netral dan tidak terkotak-kotak. Oleh sebab itu dalam melaksanakan pekerjaan harus dibangun semangat kebersamaan sehingga upaya mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kutai Kartanegara dapat tercapai.
4. Kembangkan wawasan, kemampuan dan penguasaan IPTEK, sehingga kedepan seluruh pegawai negeri sipil menjelma menjadi Birokrat yang futuristik dan inovatif, mampu mengikuti perkembangan teknologi dan informasi guna menghadap tantangan perkembangan global.
Para Pejabat Yang Baru Dilantik, Hadirin Yang Berbahagia
Sekali lagi kami mengucapkan selamat menjalankan tugas kepada saudara-saudara yang baru dilantik. Semoga amanah yang diberikan kepada saudara menjadi rahmat bagi masyarakat Kabupaten Kutai Kartanegara.
Billahi Taufiq walhidayah, wal ridho wal inayah
Sumasalamu alaikum wr. Wb.

PJ. Bupati Kutai Kartanegara

DRS. H. SJACHRUDIN, MS. MM.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: