Pidato Bupati Dalam Safari Ramadhan

16 03 2009

BUPATI KUTAI KARTANEGARA

BISMILAHIRROHMANIRROHIM
ASSALAMUALAIKUM WR. WB.
YANG SAYA HORMATI :
– PARA UNSUR MUSPIDA
– PARA PEJABAT DILINGKUNGAN PEMKAB KUTAI KARTANEGARA
– SDR. CAMAT ANGGANA BESERTA UNSUR MUSPIKA
– SDR KADES SUNGAI MERIAM DAN KETUA BPD BESERTA ANGGOTA
– PARA TOKOH MASYARAKAT, TOKOH AGAMA, TOKOH PEMUDA, TOKOH WANITA DAN PARA PEMUKA MASYARAKAT LAINNYA
– HADIRIN, KAUM MUSLIMIN ROHIMAKUMULLAH.

PUJI SYUKUR KITA PANJATKAN KEHADIRAT ILLAHI ROBBI, KARENA ATAS IJIN DAN RAHMAT-NYA MAKA PADA MALAM KE-16 RAMADHAN INI KITA MASIH BERKUMPUL DALAM RANGKA SAFARI RAMADHAN PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA DENGAN MASYARAKAT KECAMATAN ANGGANA KHUSUSNYA YANG BERADA DI DESA SEI MERIAM .
SHALAWAT DAN SALAM KITA HATURKAN KEPADA JUNJUNGAN YANG TERAMAT DIMULIAKAN ALLAH, SEBAGAI PEMBAWA RAHMAT SEMESTA ALAM, NABI YULLAH MUHAMMAD SAW, YANG TELAH MENUNTUN UMATNYA DARI ALAM KEGELAPAN MENUJU JALAN YANG TERANG BENDERANG YAITU JALAN ORANG-ORANG YANG BERIMAN DAN BERTAQWA.
DAN MUDAH-MUDAHAN KITA SEKALIAN MENDAPATKAN RAHMATNYA SERTA KESELAMATAN BAIK DI DUNIA MAUPUN DIAKHIRAT KELAK.
KAUM MUSLIMIN ROHIMAKUMULLAH
MARHABAN YA RAMADHAN, MARI BERSAMA-SAMA KITA JALANI BULAN RAMADHAN, BULAN YANG PENUH BAROKAH DAN SUCI INI, BULAN YANG PENUH MAGHFIRAH, BAGI INSAN YANG BERHARAP AGAR JIWA RAGANYA DIASAH DAN DIASUH GUNA MELANJUTKAN PERJALANAN MENUJU ALLAH SWT.
WAHAI ORANG-ORANG YANG BERIMAN, DIWAJIBKAN ATAS KAMU UNTUK BERPUASA SEBAGAIMANA TELAH DIWAJIBKAN TERHADAP UMAT-UMAT SEBELUM KAMU, AGAR KAMU MENJADI ORANG YANG BERTAKWA.
(QS. AL-BAQARAH; AYAT 183).
SERUAN BERPUASA DIATAS YANG DILAKSANAKAN PADA BEBERAPA HARI TERTENTU DIKHUSUSKAN HANYA BAGI ORANG-ORANG YANG BERIMAN AGAR MENJADI UMAT YANG ”LAALLAKUM TATTAKUUN” (BERTAKWA).
PELAKSANAAN PUASA DISAMPING SEBAGAI IBADAH JUGA DAPAT MEMBUAT ORANG MENJADI SEHAT JASMANI DAN APABILA DILAKUKAN DENGAN NIAT YANG IKHLAS AKAN DAPAT MEMPERKUAT ROHANINYA. SEBAGAIMANA DIMAKLUMI BANYAK PENYAKIT YANG DIALAMI OLEH SESEORANG BERSUMBER DARI PERUTNYA. BANYAK DIANTARA KITA YANG TIDAK MENYADARI BAHWA KITA TELAH MEMENUHI PERUT KITA DENGAN MAKANAN TANPA MEMPERHATIKAN BATAS KEMAMPUAN DAN KONDISINYA.

SEBAGAIMANA SABDA NABI MUHAMMAD SAW
“ANAK ADAM TIDAK AKAN MEMENUHI TEMPAT DARI PERUTNYA DENGAN KEJAHATAN KARENA ANAK ADAM MENGATUR MAKANAN YANG DAPAT MEMPERKOKOH TUBUHNYA SEKALIPUN TIDAK MEMUNGKINKANNYA KARENA SEPERTIGA TUBUH KITA UNTUK MAKANAN SEDANGKAN SEPERTIGANYA LAGI UNTUK MINUMANANNYA SEMENTARA SEPERTIGA YANG LAINNYA LAGI UNTUK PERNAPASAN“.
HIKMAH LAIN YANG DAPAT DIAMBIL DARI PELAKSANAAN IBADAH PUASA ANTARA LAIN SEBAGAI BERIKUT :
– DENGAN MELAKUKAN PUASA SETIAP MANUSIA DIHARAPKAN DIDORONG UNTUK MAMPU MENJADIKAN DIRINYA SEHAT JASMANI DAN KOKOH ROHANINYA DARI GEJOLAK SYAHWATNYA.
– PUASA MENGANDUNG DIDIKAN MEMPERKUAT MENTAL DAN SPIRITUAL SERTA MEMPERTEGUH KESABARAN. PADA SAAT BERPUASA KITA BERUSAHA UNTUK MENAHAN HAUS DAN LAPAR PADAHAL DIHADAPAN KITA TERBENTANG ANEKA RAGAM MAKANAN DAN MINUMAN. HAL INI BERLANGSUNG SELAMA SATU HARI TANPA ADA YANG MENGAWASI/MENGONTROL KECUALI OLEH ALLAH SWT. TANPA KEMAUAN YANG KUAT DAN KESABARAN DARI INSAN MAKA TIDAK MUSTAHIL BANYAK YANG BERUSAHA UNTUK MEMBATALKAN PUASANYA.
– DENGAN PUASA KITA BISA MENGENAL NILAI SEBUAH KENIKMATAN. PADA SAAT WAKTU BERBUKA PUASA TIBA KITA AKAN MERASAKAN BETAPA SETEGUK AIR PUTIH DAN SEPIRING NASI AKAN TERASA SANGAT NIKMATNYA. HAL INI TIDAK AKAN DIKETAHUI NILAI NYA MANAKALA TUBUH KITA TIDAK PERNAH MERASAKAN KERINGNYA KEHAUSAN DAN PAHITNYA KELAPARAN.
– DENGAN PUASA KITA BISA MENGENAL KESENGSARAAN ORANG LAIN. KITA BISA MERASAKAN BAGAIMANA PERASAAN SAUDARA KITA YANG MENGALAMI KELAPARAN DAN KEHAUSAN. KITA BISA MERASAKAN BAGAIMANA NASIB SAUDARA-SAUDARA KITA YANG TIDAK SEBERUNTUNG DIRI KITA.
HASIL DARI PELAKSANAAN PUASA SELAMA SATU BULAN PENUH MAKA SETELAH PUASA KELAK DIHARAPKAN KITA MENJELMA MENJADI INSAN, YANG MAMPU MENGENDALIKAN DIRI, MENJADI ORANG YANG SEHAT JASMANI DAN ROHANI SABAR, MEMPUNYAI KEMAUAN YANG KUAT UNTUK MAJU, SELALU MENSYUKURI NIKMAT YANG DIBERIKAN OLEH ALLAH SWT, SERTA KITA BISA MEMPUNYAI NILAI KEPEDULIAN SOSIAL YANG TINGGI TERHADAP SESAMA MANUSIA.
KAUM MUSLIMIN ROHIMAKUMULLAH
KEBERADAAN ROMBONGAN SAFARI RAMADHAN PEMKAB KUTAI KARTANEGARA DI TENGAH BAPAK/IBU SEKALIAN MERUPAKAN UPAYA UNTUK MEMUPUK JALINAN SILATURAHMI, ANTARA PEMERINTAH (UMARO) DENGAN ULAMA DAN UMAT (MASYARAKAT). KEGIATAN INI MERUPAKAN LANGKAH UNTUK MEMBANGUN UKHUWAH ISLAMIYAH. SEHINGGA DIHARAPKAN DAPAT TERBANGUN HUBUNGAN YANG HARMONIS ANTARA UMARO, ULAMA DAN UMAT.
DALAM KESEMPATAN INI KAMI ATAS NAMA PEMERINTAH KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA, MENGAJAK KEPADA SELURUH LAPISAN MASYARAKAT KHUSUSNYA MASYARAKAT KECAMATAN ANGGANA AGAR :
1. SECARA BERSAMA-SAMA MENJAGA SITUASI DAN KONDISI DI WILAYAH MASING-MASING SEHINGGA TETAP KONDUSIF SERTA TIDAK MUDAH TERPANCING DENGAN ISYU-ISYU YANG MENYESATKAN.
2. MARI SECARA BERSAMA-SAMA UNTUK MENINGKATKAN ETOS KERJA, DISIPLIN DAN PENGABDIAN SESUAI DENGAN TUGAS DAN FUNGSI KITA MASING-MASING SEHINGGA RODA PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAN PELAKSANAAN PEMBANGUNAN DI KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA TETAP TERUS BERJALAN.
3. MARI SECARA BERSAMA-SAMA MENINGKATKAN KWALITAS KEIMANAN, KETAKWAAN DAN KEILMUAN SEHINGGA DIHARAPKAN DAPAT TERBENTUK MASYARAKAT KUTAI KARTANEGARA YANG BERKEMAMPUAN IPTEK (ILMU PENGETAHUAN DAN TEKNOLOGI) DAN BERSEMANGAT IMTAK (BERIMAN DAN BERTAKWA)
4. MARI KITA TINGKATKAN SEMANGAT GOTONG-ROYONG SEHINGGA BISA TERPUPUK RASA KEBERSAMAAN, SENASIB DAN SEPENANGGUNGAN. BERAT SAMA DIPIKUL RINGAN SAMA DIJINJING.
5. MARI SECARA BERSAMA-SAMA MEMELIHARA KERUKUNAN HIDUP BERAGAMA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT BAIK ANTAR SESAMA MAUPUN DENGAN PEMELUK AGAMA LAIN.
KAUM MUSLIMIN ROHIMAKUMULLAH
KIRANYA CUKUP SEKIAN YANG DAPAT KAMI SAMPAIKAN, SEMOGA KITA SEMUA MENDAPAT MAGHFIRAH DARI ALLAH SWT, DAN MENJADI ORANG-ORANG YANG MUTTAQIN.
BILLAHI TAUFIQ WALHIDAYAH, WAL RIDHO WAL INAYAH
SUMASALAMU ALAIKUM WR. WB.

PLT. BUPATI KUTAI KARTANEGARA

DRS. H. SAMSURI ASPAR, MM.


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: