Pidato Bupati Kukar Pada Pelantikan Kades Muara Leka

Muara Muntai, 8 April 2008

Bismillaahirrahmaanirrahiim
Yth. Saudara-saudara pejabat Pemerintah Kabupaten
Yth. Saudara Camat, unsur Muspika serta para Kepala Desa di Kecamatan Kembang Janggut.
Yth. Para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh wanita serta tokoh pemuda.
Yth. Hadirin serta para undangan sekalian yang berbahagia.
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera untuk kita sekalian.
Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT, atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, pada saat ini kita masih diberi nikmat kehidupan, kesehatan serta kesempatan sehingga dapat hadir bersama-sama di tempat ini dalam rangkaian acara Pelantikan Kepala Desa Muara Leka Kecamatan Muara Muntai.
Saudara-saudara dan hadirin yang kami hormati
Otonomi daerah telah memberikan keleluasaan bagi daerah untuk mengatur dan menyelenggarakan urusan rumah tangga daerah berdasarkan atas prakarsa serta kemampuan daerah. Disamping itu Pemerintah Daerah juga berkewajiban untuk mendorong terselenggaranya otonomi desa bagi desa-desa yang berada diwilayahnya, sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa dapat mencapai tujuannya yakni peningkatan pelayanan publik dan kesejahteraan bagi masyarakat desa.
Saudara-saudara serta hadirin yang kami hormati
Dalam menyelenggarakan otonomi desa, sebagai wujud upaya mengatur dan mengurus rumah tangga desa, maka desa memiliki kewenangan yang telah ada sebagai hak asal usul desa disamping kewenangan lainnya berdasarkan peraturan perundang-undangan. Kewenangan yang merupakan hak asal usul desa tersebut meliputi : (1) menetapkan Peraturan Desa; (2) menyelenggarakan Pemerintahan Desa; (3) memiliki pimpinan Pemerintah Desa; (4) memiliki kekayaaan Desa; (5) menggali dan menetapkan sumber-sumber Pendapatan Desa; (6) memberdayakan masyarakat Desa untuk bergotong royong dan berpartisipasi dalam pemerintahan dan pembangunan; dan (7) mendamaikan perselisihan yang terjadi antar warga Desa.
Dalam rangka menyelenggarakan kewenangan desa dimaksud maka dibutuhkan kepemimpinan Kepala Desa yang mumpuni, yang memahami kebutuhan desa serta masyarakatnya. Adapun proses pemilihan Kepala Desa telah diatur dalam peraturan perundang-undangan dengan mekanisme serta persyaratan yang diharapkan mampu memunculkan kepala desa yang didukung oleh sebagian besar masyarakat desa.
Oleh karena itu, sesungguhnya Kepala Desa mengemban amanat yang tidak ringan dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan desa. Kepala Desa harus mampu menjawab tantangan pembangunan yang semakin kompleks serta mampu menempatkan diri di atas semua kepentingan masyarakat desa, demi membangun serta memajukan desa dan warganya.
Saudara-saudara serta hadirin yang kami hormati
Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa hendaknya perlu ditumbuhkembangkan partisipasi dan peranserta aktif masyarakat dalam proses pemerintahan serta pembangunan. Pelayanan prima dan keterbukaan informasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan khususnya perencanaan dan pelaksanaan kegiatan di desa harus senantiasa ditonjolkan. Hal ini akan mendorong tumbuhnya iklim demokratisasi di kalangan masyarakat, yang pada gilirannya akan mendorong partisipasi yang lebih luas dalam seluruh bidang dan peri kehidupan masyarakat desa.
Dalam kesempatan ini, kami sangat mengharap perhatian Saudara Kepala Desa yang baru saja dilantik, beberapa hal dalam rangka pelaksanaan fungsi dan tugas penyelenggaraan pemerintahan desa kedepan;
Pertama, bekerjalah dan laksanakan tugas dengan sungguh-sungguh dan penuh tanggung jawab sesuai dengan fungsi dan tugas Saudara. Mengingat tuntutan serta harapan masyarakat desa untuk peningkatan pelayanan serta kesejahteraan, sejak hari ini hingga enam tahun kedepan, diamanatkan sekaligus sangat tergantung pada kinerja Saudara.
Kedua, sebagai unsur pemerintahan desa, Kepala Desa dan BPD merupakan mitra. Untuk itu Saudara harus dapat membangun komunikasi yang harmonis dengan BPD, sekaligus bersinergi dengan tetap dan terus melakukan koordinasi maupun konsultasi serta bekerja sama dalam penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan serta pembinaan kemasyarakatan di desa.
Ketiga, agar kiranya Saudara menggalakkan upaya pemberdayaan seluruh komponen yang ada di desa baik kelembagaan kemasyarakatan maupun warga masyarakat desa secara keseluruhan, sehingga akan mendorong terwujudnya kemandirian desa baik dari aspek sosial maupun aspek ekonomi dalam kerangka grand strategy pembangunan daerah “Gerbang Dayaku Tahap Kedua”.
Hadirin yang berbahagia
Sebelum kami mengakhiri sambutan ini, kami ingatkan bahwa tidak lama lagi akan diselenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Timur. Untuk itu, kami menghimbau kepada kita sekalian agar turut menyukseskan pemilihan langsung yang pertama kali untuk memilih Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim ini, sehingga dapat berjalan baik dan lancar, khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara.
Demikian yang kami sampaikan dalam kesempatan ini. Sekali lagi kami mengharapkan agar kiranya Saudara Kepala Desa yang baru dilantik dapat optimal melaksanakan tugas pengabdian, dan senantiasa menempatkan terwujudnya kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik yang lebih meningkat sebagai tujuan utama pengabdian dan pelaksanaan tugas.
Kami ucapkan ”selamat bekerja”, semoga seluruh amal kegiatan kita mendapatkan kemudahan dan kelapangan serta memperoleh nilai ibadah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.
Sekian dan terima kasih.
Billaahittaufiq wal hidayah
Wassalaamu’alaikum Wr.Wb.

Plt. Bupati Kutai Kartanegara

Drs. H. Samsuri Aspar, MM

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: